The browser you are using is not supported. Some critical security features are not available for your browser version.

We want you to have the best possible experience with FATbit. For this you'll need to use a supported browser and upgrade to the latest version.

SYARAT DAN KETENTUAN

SYARAT DAN KETENTUAN

Selamat datang di website Halalpedia.com dan /atau aplikasi mobile Halalpedia.

Pengguna diharapkan membaca syarat dan ketentuan dengan seksama sebelum mendaftar dan/atau menggunakan layanan dari Halalpedia.com.

Syarat dan ketentuan ini mengatur penggunaan dan akses platform dan penggunaan layanan kami.

Dengan membaca syarat dan ketentuan, maka pengguna dianggap telah mengerti, dan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang tertulis.

Apabila pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi syarat dan ketentuan tersebut, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan dari Halalpedia.com

UMUM 

  1. Halalpedia tidak bertanggung jawab pada setiap transaksi yang dilakukan diluar Halalpedia.

  2. Pihak Halalpedia tidak akan meminta pengguna untuk menyebutkan kode OTP, PIN, dan password pengguna. 

  3. Akun Halalpedia menjadi tanggung jawab penuh pengguna yang mendaftar di dalam Halalpedia. 

  4. Halalpedia menjamin orisinalitas setiap produk. 

  5. pengguna dapat menjadi:

  • penjual (dengan membuka toko)

  • pembeli 

  1. Halalpedia saat ini hanya melayani pembelian dengan mata uang rupiah saja.

  2. Dalam menggunakan setiap fitur layanan Halalpedia, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, dan tidak sesuai dengan syariat agama.

PENJUAL 

  1. Setiap penjual yang bergabung dengan Halalpedia diwajibkan untuk mengikuti semua syarat dan ketentuan yang berlaku. 

  2. Setiap penjual yang memiliki akun di Halalpedia, memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga dan merahasiakan identitas dan data pribadi.

  3. Halalpedia.com tidak mengumut biaya apapun terhadap penjual.

  4. Produk yang diperjualbelikan wajib bersifat halal. Halal dalam pengertian sebagai berikut:

  1. Memiliki sertifikat halal.

  2. Tidak mengandung bahan-bahan yang haram. 

  3. Bersih dalam proses pembuatan dan pendistribusian.

  4. Produk bersifat orisinil (bukan merupakan barang tiruan, palsu, dan replika). 

  1. Penjual harus menampilkan tampilan produk yang tidak menampakkan aurat ataupun membentuk bentuk tubuh.

  2. Penjual dilarang menggunakan tampilan foto produk yang tidak senonoh.

  3. Penjual wajib menggunakan foto asli produk.

  4. Penjual dilarang menggunakan produk yang dapat mengakibatkan kebingungan, kesalahan, menipu atau mengambil keuntungan dari produk yang ditirunya.

  5. Produk makanan, minuman dan kecantikan harus memiliki sertifikat BPOM. 

  6. Halalpedia memiliki kewenangan untuk menghapus produk yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  7.  Penjual dilarang menggunakan kata kata dan kalimat yang tidak baik dalam deskripsi produk.

  8. Penjual dilarang menggunakan etalase sebagai alat promosi link dan marketplace lain diluar Halalpedia

  9. Penjual dilarang membuat toko yang sama dengan merchant lain. Jika ditemukan indikasi seperti disebutkan diatas, dapat diindikasikan sebagai peniruan.

  10. Produk yang dijual adalah barang yang legal. Bukan merupakan barang black market atau barang yang tidak memiliki legalitas. 

  11. Penjual dilarang melakukan penjualan secara dropship.

  12. Penjual wajib memberikan spesifikasi lengkap dan jelas tentang produk yang dijual.

  13. Apabila penjual tidak memproses pesanan selama 1 hari, maka pesanan otomatis batal dan pembayaran akan dikembalikan.

  14. Penjual wajib memberikan nomor resi yang valid.

  15. Penjual memahami bahwa tidak dapat merubah jasa pengiriman apabila telah terkonfirmasi oleh pembeli 

  16. Penjual dilarang memberikan kontak langsung kepada pembeli dengan maksud melakukan pembelian secara pribadi

  17. Penjual dilarang memberikan harga yang tidak wajar pada produk yang ada.

  18. Penjual dilarang menjual narkoba dan obat obatan terlarang

  19. Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.

  20. Produk wajib memiliki keterangan komposisi secara jelas yang menerangkan bahwa produk tersebut halal. 

  21. Penjual memiliki tanggung jawab apabila produk yang dikirimkan keliru, salah, atau rusak. Maka penjual harus mengirimkan kembali atau pengembalian uang (refund).

PEMBELI

  1. Pembeli dilarang menggunakan dan/atau menciptakan alat perangkat dan/atau fitur yang bertujuan melakukan manipulasi pada sistem Halalpedia.

  2. Pembeli bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk seluruh aktivitas dalam akun pembeli.

  3. Dengan ini pengguna menyatakan bahwa Halalpedia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul akibat penyalahgunaan  pengguna, sebab kelalaian pembeli, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Meminjamkan dan/ atau memberikan akses akun pada pihak lain.

  • Memberikan dan/ atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, kata sandi atau email kepada pihak lain.

  • Kelalaian pengguna lainnya yang dapat menimbulkan kerugian ataupun kendala pada akun pengguna.

  1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi dari produk sebelum melakukan transaksi.

  2. Pembeli bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan atau data pembayaran oleh pengguna kepada pihak lain.

  3. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Halalpedia memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Halalpedia, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang.

  4. Jika dalam batas waktu yang telah ditentukan (selambat-lambatnya 2 hari) tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Halalpedia.

TRANSAKSI PEMBELIAN

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Halalpedia. 

  2. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh pembeli, kemudian sistem akan meneruskan dana ke pihak penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Halalpedia telah selesai.

  3. Saat melakukan pembelian barang, pembeli menyetujui bahwa:

  • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya warna, kualitas, fungsi, dan sebagainya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

  • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Halalpedia tergantung pada monitor komputer Pembeli. Halalpedia telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Halalpedia muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna akan akurat.

  • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.

  • Halalpedia tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok barang merupakan tanggung jawab penjual yang menawarkan barang tersebut. Terkait pembayaran oleh pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah pembeli melakukan check out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, maka Halalpedia memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut.

  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Halalpedia adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

  3. Pembeli wajib melakukan transaksi sesuai dengan prosedur yang ada.

  4. Halalpedia memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  5. ketersediaan stok barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam kondisi stok barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang tersebut dikembalikan kepada pembeli.

  6. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara pembeli dan penjual selain melalui Rekening Resmi Halalpedia dan/atau tanpa sepengetahuan Halalpedia (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Halalpedia atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.

  7. Halalpedia memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  8. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Halalpedia memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

  9. Setelah adanya konfirmasi penerimaan barang atau konfirmasi penerimaan barang otomatis, maka dana pihak pembeli yang dikirimkan ke rekening resmi Halalpedia akan di lanjut kirimkan ke pihak penjual kemudian transaksi dianggap selesai.

  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Halalpedia. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi dari pembeli ataupun konfirmasi secara otomatis, penerimaan barang menjadi tanggung jawab pembeli secara pribadi.

  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari pembeli.

  12. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.